Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Pengertian WEB SITE.

Saya disini akan mengulas sedikit tentang Pengertian WEB SITE. Untuk mudah dimengerti, apa sebenarnya web itu? ,saya akan jelaskan secara perlahan. Seandanya di dunianya nyata terdapat buku yang didalamnya terdapat menu terdiri dari sub bab yang merupakan sub menu. Nah sama halnya dengan Web yang berada di dunia maya tersebut, web site dan buku berbeda secara substansial sebab keduanya hidup pada media yang berbeda. Buku cetak hidup dalam ruang 3 dimensi seperti layaknya kita sedangkan web site hanya hidup dalam komputer yang penyajiannya terbatas pada sebuah layar monitor.

Sederhananya, sebuah web site ibarat halaman-halaman Kertas yang terjilid dalam sebuah binder. Halaman-halaman kertas itu bisa 1 halaman saja, puluhan halaman atau bahkan ribuan halaman. Halaman-halaman kertas itu dapat diatur agar silih berganti menjadi halaman pertama dalam binder kita. Agar proses ini berjalan dengan mudah, maka pada setiap halaman perkertas harus selalu tersaji petunjuk untuk menuju ke lembar kertas lainnya yang akan dijadikan sebagai halaman pertama(menu). Dengan mengikuti petunjuk itu maka kita akan berpindah halaman sesuai halaman yang dituju dalam petunjuk. Dalam web site, petunjuk itu bernama pautan dan untuk mengikutinya harus di- klik sehingga kita bisa berpindah ke halaman yang dikehendaki.

Web site hidup dalam sebuah habitat khusus yaitu jaringan buana (www, world wide web). Proses kerja www dapat dibagi menjadi tiga komponen:

Protocol : sebuah media yang dibakukan untuk dapat mengakses komputer dalam sebuah jaringan.Halaman yang dapat diakses ini merupakan halaman web site. Protocol baku untuk www adalah http (Hypertext Transfer Protocol).

Address : alamat yang merujuk suatu komputer dalam suatu jaringan. Alamat ini sebenarnya merupakan sebuah nomor yang dimiliki sebuah komputer yang disebut nomor IP. Sekarang nomor IP ini digantikan sebuah alamat URL (Uniform Resource Locator). Anda bisa mengkiaskan dengan nomor HP teman yang kemudian diganti dengan identitas namanya sehingga ketika terjadi panggilan maka yang tampak di layar di HP adalah namanya.

Path : bahasa scripting yang dapat menghasilkan halaman web site sehingga halaman tersebut dapat diakses oleh setiap komputer pengakses (client). Bahasa scripting ini bisa HTML, ASP, PHP dll.

Oleh karena itu, ketika kita mengakses halaman web site di internet kita akan mendapatkan sebuah pola alamat seperti berikut : http://address/path/file misalnya http://putroweb.blogspot.com/html/home

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini... :D

Powered by  MyPagerank.Net
 

My Friends Google

My Profile

cojogja Blog ini saya buat, untuk berbagi informasi kepada teman - teman, dan sebagai rangkuman untuk diri saya sendiri. ( Semoga gak bosen Dengan Blog Saya... :D )