Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Apa itu RSS?

What is RSS ?
RSS merupakan kependekan dari Really Simple Summary yaitu teknik yang digunakan oleh masyarakat dunia maya untuk mengumpulkan dan menyatukan isi dari sebuah halaman Web. Sebuah file RSS menyajikan sebuah informasi ringkas tentang headlines, links, dan article dari sebuah website.

RSS termasuk dalam type metadata. Metadata yaitu unit informasi yang digunakan untuk menyediakan informasi-informasi deskriptif tentang isi, konteks dan karakteristik dari data dalam suatu webpages. Sebuah file RSS menerangkan isi dari sebuah saluran informasi (channel) yang berisi logo/image, site link, input box dan items. Items pada sebuah file RSS biasa disebut dengan “news items”. Web site tertentu dapat menyalin dan menggunakan RSS yang dimiliki web site lain untuk menginformasikan sebuah berita atau artikel, hal ini sering disebut dengan
RSS feeds. RSS di internet digambarkan dengan icon atau , sedangkan untuk mengetahui apakah suatu website memiliki RSS atau tidak kita dapat melihatnya di address bar seperti gambar berikut .

Saat ini RSS merupakan salah satu tehnologi yang paling popular atau paling banyak dipakai di dunia internet. Dengan RSS kita dapat mendapatkan informasi yang yang kita butuhkan saja dan selalu up to date. Kini RSS telah banyak digunakan pada aplikasi weblog, knowledge management networks dan news syndication.

Tehnologi RSS saat ini tidak hanya bias digunakan di computer akan tetapi juga dapat digunakan oleh media lainnya, diantaranya yaitu : PDA, PC tablet, handphone, smartphone, dll



Sejarah RSS
Pada Desember 96 Ramanathan Guha dari Apple mengusulkan sebuah proyek dengan nama Project Sauce/X dengan format MCF (Meta Content Framework) yang merupakan ide awal untuk memproses metadata. MCF adalah sebuah format terbuka untuk mempresentasikan informasi tentang content . Dave Winner adalah pengguna awal MCF ini, namun hal ini masih diragukan.
Pada tahun 1997, Microsoft dan Netscape mengajukan proposal ke W3C. Microsoft mengajukan proposal tentang Channel Definition Format (CDF) sedangkan Netscape dengan Meta Content Framework using XML. MCF using XML dari Netscape merupakan cikal bakal RSS. Pada tahun yang sama W3C mempublikasikan draft RDF (Resource Description Framework) ke public. RDF sendiri digunakan untuk memproses metadata. RDF merupakan inspirasi dari proposal MCF dan PICS. Dave Winner pada tahun yang sama, juga mengajukan proposal ke W3C dengan <scriptingNews> dengan format yang mirip dengan CDF.

Maret 1999 Netscape meluncurkan versi RSS 0.9 dengan nama “ R DF S ite S ummary ”. Versi ini menggunakan sintaks RDF dan XML Namespaces. Pada pada tahun yang sama Netscape berkolaborasi dengan UserLand's mempublikasikan format RSS 0.91 dengan nama “ R ich S ite S ummary ” lalu diupgrade oleh Dave Winner menjadi versi RSS 0.92. Versi RSS yang digunakan oleh Dave Winner memasukkan DTD dan elemen <scriptingNews> dari UserLand's. Pada tahun 2000 RSS-DEV Working Group mengeluarkan RSS 1.0 dengan nama yang sama yaitu “ R DF S ite S ummary ”, merupakan pengembangan dari RSS 0.9 yang menggunakan sintak RDF yang mirip dengan konsep asli RDF milik Dan Libby pada RSS 0.9. Versi RSS 1.0 memfokuskan penggunaan modularity/extensibility pada file RSSnya. RSS terus berkembang pesat hingga tahun 2002 dengan versi terakhir RSS 2.0. Versi RSS 2.0 diberi nama “ R eally S imple S ummary ”.


Element dari suatu RSS.

yang harus ada:

Element yang lain:

Untuk browser yang support dengan RSS yaitu : FireFox dan Opera
Berikut contoh penulisan RSS dengan mengacu dari Element diatas yang dibuat secara manual

RSSsample.XML
<?xml version="1.0"?> <rss version="2.0">
<channel>
<title>Pemrograman Web</title>
<link>http://www.andisunyoto.com</link>
<description>materi RSS</description>
<language>en-us</language>
<pubDate>Tue, 21 Feb 2009 22:59:15 +0700</pubDate>
<docs>http://www.andisunyoto.com/rss</docs>
<generator>Weblog Editor 2.0</generator>
<managingEditor>myandisun@gmail.com</managingEditor>
<webMaster>myandisun@gmail.com</webMaster>

<item>
<title>XML Script</title>
<link>http://www.andisunyoto.com/materi/xmldocs</link>
<description>xml adalah salah satu bagian dari pemrograman yang mangacu pada pangaturan datadan tidak mangindahkan tampilan. oleh sebab itu maka ....</description>
<guid>http://www.andisunyoto.com/materi/xmldocs/</guid>
</item>

<item>

<title>Membuat Title Friendly</title>

<link>http://www.andisunyoto.com/articles/</link>
<description> Penggunaan Title judul pada website merupakan kewajiban yangterdapat dalam Undang-Undang Webmaster UUW bukan UUD Penggunaan title juga memegang peranan penting dalam ilmu SEO Sehinggakita tidak boleh menggunakan title asal-asalan Bila ...</description>
<guid>http://www.andisunyoto.com/articles/</guid>
</item>
</channel>
</rss>


Tampilan yang dihasilkan setelah di upload di webserver dan di load dengan web browser firefox.


sudah kita bookmark juga dapat kit abaca menggunakan tool seperti RSSbandit, FeedReader atau sebagainya untuk membaca dengan FeedReader dapat kita lihat sebagai berikut :




Selain itu kita dapat juga melihat nya dengan google.com/reader contohnya sebagai berikut :



jika anda mengiginkan kemudahan, saya menyarankan kepada teman-teman mendaftar di Feedburner.com karna keamanan dan fasilitasnya sudah cukup bagus.

Refsrence:
majalahweb.com
www.wikipedia.org
www.scribd.com
www.o-om.com
Terimakasih sudah mengunjungi blog ini... :D

Powered by  MyPagerank.Net

8 komentar:

iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

Pertamax,,,,

Agen Ibcbet mengatakan...

Baru tau saya sob apa itu RSS

agen bola mengatakan...

Terimakasih gan atas infonya,.. sukses selalu

agen sbobet mengatakan...

Infonya sangat bermanfaat sekali buat saya sebagai pemula brow

jepara mengatakan...

Salam kenal ya gan,.. saya sangat suka artikelnya gan,

Sedot WC Jakarta mengatakan...

sekarangs aya jadi tahu apa itu RSS

toko bunga online mengatakan...

Informasi yang sangat berguna, terimakasih telah berbagi

Cara Membuat Blog Bisnis Online mengatakan...

tq gan udah berbagi

Posting Komentar

 

My Friends Google

My Profile

cojogja Blog ini saya buat, untuk berbagi informasi kepada teman - teman, dan sebagai rangkuman untuk diri saya sendiri. ( Semoga gak bosen Dengan Blog Saya... :D )