Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Tentang PageRank "PR"


Wah ketemu lagi nich, kali ini yang mau dibahas adalah masalah Page Rank, atau sering disebut PR. Nah karna saya page rank masih dalam pembentukan, he. Maka saya belum berani nerbitin atrtikel sendiri jadi artikel kali ini saya copas, hehehe. dan mohon maaf sebelumnya saya belum konfirmasi terlebih dahulu. Pemilik artikel bisa anda kunjungi di http://blogger-pesta.blogspot.com/ .

PageRank Update , seperti disampaikan oleh insinyur Google, Matt Cutts, selaku perwakilan dari Google, bahwa PageRank diperbaharui per tiga bulan sekali . Secara umum, Page Rank ini bisa saja tidak bisa dipercaya, terutama masalah waktu update yang dipergunakan tersebut.

Tapi jangan lupa Update PageRank yang ada pada Google sebenarnya dilakukan secara harian , atau mendekati itu, alasannya ? Mereka dengan mudah melakukannya melalui index yang mereka simpan dan amankan di dalam database mereka. Namun demikian, kita tidak bisa melihat perubahan Update PageRank hingga google meng Update PageRank secara periodik seperti disampaikan oleh Insiyur mereka tadi, Tiga Bulan sekali dilakukan Update PageRank .

Yang membuat saya agak bingung ada blog saya yang dibikin satu bulan yang lalu, dan akhirnya saya tinggalkan karena terburu-buru ngetik saat memberikan nama, jadinya nama blog kurang tepat, sudah lama tidak di update postingannya, belum pernah dipakau Blogwalking ataupun tukeran link, isi komentar di blog teman ataupun forum. Update PageRank kemarin secara mengejutkan dan tidak disangka-sangka melesat mendapakan PageRank 3 dan 4 :
  • http://****dgratis.wordpress.com/ ( niatnya bikin nama downloadmp3gratis ) PR-N / teu nol-nol acan menjadi PageRank 4 ... tidak pernah blogwalking dan tidak mempunyai backlink satupun.

  • http://dee***.wordpress.com/ (PR-N / teu nol-nol acan menjadi PageRank 3) yang ini juga tidak pernah blogwalking dan tidak mempunyai backlink satupun.
Kejadian yang menimpa beberapa dummy blog saya yang PageRank nya melesat ke 3 atau 4 ini bisa diindikasikan bertolak belakang dengan... Rumus Klasik dalam meningkatkan pagerank yaitu “ Tukaran Link Gratis ” juga Konsep PageRank serta Algoritma PageRank google yang dipublikasikan untuk umum.

Apakah ada masalah dengan Update PageRank Google dan mungkin saja PageRank ini masih melakukan goyangan beberapa hari mendatang ? Ada maintenance sistem ? ataukah memang saat ini google melakukan pengumuman Update PageRank nya sebulan sekali.

Silahkan para pakar yang menjawab ...

Konsep PageRank

"Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunan META Tags , isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity , sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain ( Meta Keywords, Meta Description ) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages . Dengan algoritma ‘ PageRank ' ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

PageRank , memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity , tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link . Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking ( pagerank ) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank , proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang ( rekursif ). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek."

Algoritma Page Rank

"Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank , Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritma pagerank seperti di bawah :

Algoritma awal PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Salah satu alogtima lain yang dipublikasikan PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
  1. PR(A) adalah Pagerank halaman A
  2. PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
  3. C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
  4. d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
  5. N adalah jumlah keseluruhan halaman web ( yang terindex oleh google )
Dari algortima diatas dapat dilihat bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda bukan keseluruhan situs web. Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya yang juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat. Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, akan tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan pagerank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut. Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”. Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping factor yang bernilai antara 0 sampai 1. Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A." ( wikipedia )
Terimakasih sudah mengunjungi blog ini... :D

Powered by  MyPagerank.Net

7 komentar:

bisnisway mengatakan...

halooo lam kenal yah...

putro mengatakan...

@ bbisnisway : lam kenal juga... :)

Anonim mengatakan...

bagus ni artikelnya dan sangat menarik,,,ijinkan aku berbagi informasi d sini...ni aku nemu web gratisan..semuanya serba gratis,download mp3 gratis,download video gratis,software gratis..malah ada jasa pembuatan web gratis bagi yang ingin punya web tapi gak bisa buatnya..kunjungi aja http://www.pelanginada.co.cc semuanya gratis

Review The Latest gadgets mengatakan...

Algortitma google tetap menjadi rahasia,,,,

gorden rumah terbaru mengatakan...

saya masih belum paham, sebenarnya seberapa pentingkah PR agar web kita banyak dibaca orang, soalnya web familigorden.com ini PRnya 'nol' tapi pengunjungnya lumayan banyak, dan hanya mengandalkan agan google (bukan mau sombong nih)..cuma kadang ngejar2 PR, cape juga...mendingan nulis sebanyak2nya sesuai tema blog kita..

toko bunga kebumen mengatakan...

Apa dengan PR tinggi pengunjung pasti banyak?

Vimax Original Pembesar Mr.P Herbal mengatakan...

artikelnya sangat membantu thanks for sharing
kunjungi web kami gan => www.vimaxkapsuloriginal.com

Posting Komentar


 

My Friends Google

My Profile

cojogja Blog ini saya buat, untuk berbagi informasi kepada teman - teman, dan sebagai rangkuman untuk diri saya sendiri. ( Semoga gak bosen Dengan Blog Saya... :D )