Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Graphical User Interface (GUI)


Graphical User Interface (GUI) merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering kita kenal dengan command line . Dari sisi kenyamanan ( attitude ), kedua model ini memiliki ‘penganut' nya masing-masing. Penganut CUI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat, mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Penganut GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows. Bagi mereka, GUI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.

Dewasa ini hampir semua software ‘berlomba-lomba' untuk membuat GUI-nya menjadi lebih menarik sehingga pengguna juga akan tertarik untuk menggunakan software tersebut. Hal yang dituntut dari GUI sudah bukan lagi user friendly melainkan usability , yaitu “ a measure of the ease with which a system can be learned or used, its safety, effectiveness and efficiency, and attitude of its users towards it ” (Preece et al., 1994).

Usablity memiliki 3 aspek yaitu :

learnability
kemudahan bagi pengguna baru untuk dapat menggunakan sistem secara efektif dan mencapai kinerja yang paling optimal

flexibility
variasi cara/model bagi pengguna dan sistem dalam bertukar informasi

effectiveness/robustness

tingkat dukungan yang disediakan bagi pengguna untuk mencapai tujuannya dengan sukses dan memberikan penilaian tingkah laku yang diarahkan oleh suatu tujuan.

Ketiga aspek ini jika tercapai maka akan memberikan nilai attitude (kenyamanan bagi pengguna).

Evaluasi GUI dilihat dari prinsip user friendly maupun usability dapat dilakukan dengan melihat bagaimana perkembangan GUI dari masa ke masa. Kadang kita sangat sulit untuk mendapatkan informasi perkembangan GUI tersebut karena mungkin kita belum pernah menggunakannya. Tetapi hal ini sudah tidak menjadi masalah lagi karena di era Internet ini ada situs-situs yang telah menyediakan fungi sebagai ‘museum' GUI, yaitu GUIdebook dan Graphical User Interface Gallery . Berdasarkan data-data dari situs-situs ini, misalnya screenshot , maka kita dapat melakukan evaluasi mengenai GUI tersebut. Gambar di bawah ini adalah contoh screenshot dari perkembangan sistem operasi Windows. Please feel the change…

Windows XP


Vista




Windows 7





Sumber :
microsoft dan sigit purnomo
Terimakasih sudah mengunjungi blog ini... :D

Powered by  MyPagerank.Net

11 komentar:

hartono mengatakan...

boleh nih di ikutin..klik)

toko bunga mengatakan...

Info yang menarik, terimakasih

eri mengatakan...

aweewee

tuni mengatakan...

septic

weni mengatakan...

guni

kio mengatakan...

hunian

jini mengatakan...

fgrhrtyuukll7

i mengatakan...

jinimun

k mengatakan...

jjuuinii

greenworld indonesia mengatakan...

artikel2nya sangat bermanfaat sekali....ane tunggu artikel lainnya gan....salam sukses

Vimax Original Pembesar Mr.P Herbal mengatakan...

artikelnya sangat membantu thanks for sharing
kunjungi web kami gan => www.vimaxkapsuloriginal.com

Posting Komentar


 

My Friends Google

My Profile

cojogja Blog ini saya buat, untuk berbagi informasi kepada teman - teman, dan sebagai rangkuman untuk diri saya sendiri. ( Semoga gak bosen Dengan Blog Saya... :D )