Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Mempercepat Windows xp2

Pernah coba Otak atik regedit? nah disini temen-temen bisa cobain..
Otak Atik windows di regedit sama services biar windowsxp kalian tambah cepat.

1.Back up
Jangan takut jika windows entar error jika terjadi kesalahan saat temen-temen mencoba, cos
disini udah disediain untuk memback up.
pertama-tama ketik start>run [win+R]>regedit>file>export kasih nama backup.reg lalu anda
klik ok done.

2.Mendisable Service Windows yang tidak diperlukan
Karena windows ditujukan untuk berbagai user dan tugas,
maka windows membuat service yg sebenarnya tidak tidak terlalu diperlukan.
Service2 berikut ini seringkali memakan resouce yg tidak sedikit,
dengan mendisable (me-non-aktif-kan) maka komputer kita bisa mendapatkan sedikit boost karenanya.
dibawah ini ada beberapa services yang g diperlukan.

* Alerter
* Clipbook
* Computer Browser
* Distributed Link Tracking Client
* Fast User Switching
* Help and Support - (Jika anda mengunakan windows help, maka langkah ini diskip aja)
* Human Interface Access Devices
* Indexing Service
* IPSEC Services
* Messenger
* Netmeeting Remote Desktop Sharing
* Portable Media Serial Number
* Remote Desktop Help Session Manager
* Remote Procedure Call Locator
* Remote Registry
* Remote Registry Service
* Secondary Logon
* Routing & Remote Access
* Server Telnet
* TCP/IP NetBIOS Helper
* Upload Manager
* Universal Plug and Play Device Host
* Wireless Zero Configuration -(Jangan didisable jika anda mengunakan Wireless)
* Workstation

3.Cara mendisable services
*Klik start>Run>ketik “services.msc”.
*Dobel klik service yg hendak diubah.
*Ubah startup type menjadi ‘Disable”.

4.Mematikan System Restore
System restore bisa bermanfaat jika komputer bermasalah,
akan tetapi semua restore point yg disimpan bisa memakan ruangan yg cukup besar di harddisk.
System restore membebani karena selalu memonitor sistem,
dengan mendisable system restore maka sebagian resorce bisa dialokasikan untuk hal yg lain.
caranya, Buka Control Panel lalu Klik Performance and Maintenance
Klik System, Klik System Restore tab
Klik ‘Turn off System Restore on All Drives’
atau jika hanya ingin tetap mengaktifkan sistem restore,
disarankan drive C saja, drive lain dimatikan !
Klik ‘Ok’ Oya ini juga bisa untuk mengembalikan data yang udah kena virus.

5.MenDefrag
Klik start>Programs>Accessories>System Tools> Disk Defragmenter
usahakan paling tidak 2-3 bulan sekali Hardisk di defrag,

6.Mempercepat akses folder dengan mendisable Last Access UPdate
Jika temen memiliki banyak folder dan subdirectories,
maka akses ke Direktory2 Windows XP terasa sangat berat dan seringkali cuman membuang waktu.
Dengan mengupdate time stamp di registry, yaitu last access update untuk semua sub directory.
Proceed with caution: Langkah berikut bukan untuk Pemula tapi coba2 aja... tapi backup sek...
*Klik Start>Run>regedit
*“HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\FileSystem”
*Klik kanan di bagian yg kan (cari area yg kosong), lalu pilih ‘DWORD Value’
*Bikin DWORD Value dengan nama ‘NtfsDisableLastAccessUpdate’.
*Klik kanan pada value baru terus pilih ‘Modify’
*Ubah data menjadi ‘1'
*Klik ‘OK’

7.Me non aktifkan Microsoft System Sound.
Secara default MS sound systems membuat komputer berbunyi/bersuara ketika booting awal,
shutdown, error, dll. Skenario suara windows jelas2 membuat komputer lebih lambat
(terutama dalam waktu shutdown dan booting awal),
untuk me-non-aktifkan silahkan ikuti langkah berikut:

1. Buka Control Panel

2. Klik Sounds and Audio Devices

3. Klik tab Sounds

4. Pilih “No Sounds” dari Sound Scheme

5. Klik “No”

6. Klik “Apply”

7. Klik “OK”

8.Mempercepat waktu Boot
Fitur yg lumayan asik dari Windows XP adalah kemampuan untuk
mendefrag ketika ada dalam proses booting.
Boot Defrag pada prinsip menata file2 yg relevan dengan booting secara berurutan.
Secara default fitur ini telah diaktifkan pada beberapa Build Windows,
tapi beberapa build windows tidak, ada baiknya kalo kita cross check terhadap
fitur yg satu ini.
Ketikan :
* Start Menu>Run
* Regedit
* HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOpt imizeFunction
* Cari “Enable” dibagian kanan regedit
* Klik “Modify”
* Pilih “Y to enable”
* Reboot

9.Mempercepat Performa Swapfile
Jika anda memiliki ram lebih besar dari 256MB bisa dibilang tweaking
yg ini akan membuat sistem anda berjalan lebih cepat.
Tweaking ini pada dasarnya PC kita mengunakan setiap byte dari memori
fisik yg terpasang di komputer kita, SEBELUM mengunakan swap file.
* Start>Run
* “msconfig.exe”>ok
* Klik tab System.ini
* Klik tanda plus pada tab 386enh
* Klik kotak new kemudian ketik “ConservativeSwapfileUsage=1"
* Klik OK
* Restart

10.Mempercepat LOading Windows Menu
Tweaking ini membuang waktu delay ketika kita mengklik menu dan windows XP menampakkan Menu.
1. Start>Run

2. Regedit>Ok

3. “HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\”

4. Pilih/Sorot “MenuShowDelay”

5. Klik kanan dan pilih “Modify’

6. Ketik angka “100"Angka 50-150 adalah kisaran yg baik, bisa disesuaikan dengan Mood anda

11.Mempercepat Loading Program
Tweaking ini bisa berjalan untuk sebagian besar program.
Jika program tidak mau loading seperti yg diharapkan,
silahkan aja dikembalikan ke setting semula.

1. Klik kanan pada icon/shortcut yg berkaitan dengan program.

2. properties

3. Pada kotak ‘target’, tambahkan ‘ /prefetch:1' diakhir kalimat.

4. Klik “Ok”

12.Mempercepat Shutdown Windows XP
Tweaking ini mengurangi waktu tunggu secara otomatis ketika windows sudah menerima
instruksi untuk shutdown.

1. Start>Run

2. ‘Regedit’>OK

3. ‘HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\’

4. Sorot ‘WaitToKillAppTimeout’

5. Klik kanan dan pilih modify

6. Ubah value menjadi ‘1000'

7. Klik ‘OK’

8. Sorot ‘HungAppTimeout’

9. Klik kanan dan pilih modify
10. Ubah value menjadi ‘1000'
11. Klik ‘OK’
12. ‘HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop’ sorot WaitToKillAppTimeout’
13. Klik kanan dan pilih modify
15. Ubah value ke ‘1000'
16. Klik ‘OK’
17. ‘HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Contr ol\’ sorot ‘WaitToKillServiceTimeout’
19. Klik kanan dan pilih modify
20. Ubah value menjadi ‘1000'
21. Klik ‘OK’

13.TAMBAHAN...
Gunakan selalu software pembersih ( utilty ) seperti ccCleaner atau Window Washer,
atau TuneUp Utility, atau Disk Clean Up di Internal Windows
Terimakasih sudah mengunjungi blog ini... :D

Powered by  MyPagerank.Net

12 komentar:

Anonim mengatakan...

blognya bagus...

Tq

florist di purwokerto mengatakan...

jadi begitu caranya, tapi sekarang saya telah meninggalkan XP

Grosir sprei Murah mengatakan...

terima kasih infonya gen

hartono mengatakan...

ini artikel yang lebih bagus gan (klik)

sms dakwah islam mengatakan...

terimakasih infonya

greenworld indonesia mengatakan...

artikel2nya sangat bermanfaat sekali....ane tunggu artikel lainnya gan....salam sukses

septic tank biotech mengatakan...

bagus dan bermanfaat ...

biotech indonesia mengatakan...

tq info y ....

stp biotech mengatakan...

artikel yang bermanfaaat ...........................

Nama mengatakan...

makasih kak atas tips XP nya, jadi lumayan cepat nih komputernya

Vimax Original Pembesar Mr.P Herbal mengatakan...

artikelnya sangat membantu thanks for sharing
kunjungi web kami gan => www.vimaxkapsuloriginal.com

العاب باربي mengatakan...

Article intéressant! thanks and good luck!

Posting Komentar


 

My Friends Google

My Profile

cojogja Blog ini saya buat, untuk berbagi informasi kepada teman - teman, dan sebagai rangkuman untuk diri saya sendiri. ( Semoga gak bosen Dengan Blog Saya... :D )