Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

MVC (Model View Controller)

MVC yaitu suatu istilah untuk memisahkan element -element atau penulisan source code dari suatu aplikasi agar menjadi lebih rapi dan lebih mudah untuk dimaintain dan dikembangkan . MVC merupakan suatu konsep pemrograman yang juga banyak diterapkan akhir-akir ini. Dengan menerapkan MVC dalam membangun suatu aplikasi akan berimbas pada kemudahan pada saat aplikasi tersebut memasuki fase maintenance. Proses pengembangan dan integrasi pun menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Ide dasar dari MVC sebenarnya sangat sederhana, yaitu mencoba untuk memisahkan antara model, view, dan controller.

Ada tiga layer utama dalam arsitektur web MVC, yang disebut sebagai best­ practices yaitu :

Model
Model di sini berperan sebagai representasi dari data yang terlibat dalam suatu proses transaksi. Setiap kali method / function dari suatu aplikasi butuh untuk melakukan akses ke dalam suatu data, maka function / method tersebut tidak langsung berinteaksi dengan sumber data tersebut melainkan harus melalui model terlebih dahulu. Dalam hal ini hanya model yang diijinkan untuk berinteraksi langsung dengan sumber data.Secara singkat, layer model ini menangani content dari aplikasi

View
View di sini berperan sebagai presentation layer atau pengatur user interface (tampilan) bagi user dari suatu aplikasi. Data yang dibutuhkan oleh user akan diformat sedemikian rupa agar dapat tampil dan dipresentasikan dengan format tampilan yang memang disesuaikan dengan kebutuhkan user. Sehingga layer ini tidak peduli apa saja content yang ada. Misalnya, untuk Aplikasi Diskon, layer ini memutuskan apakah daftar belanja akan ditampilkan dalam tabel HTML, ditampilkan ke command prompt, disajikan dalam tabel Swing, atau diekspor menjadi file text. Sebagai tambahan, biasanya layer View juga bertugas untuk melakukan validasi data yang diinputkan user.

Controller
Controller di sini berperan sebagai logic aspect dari suatu aplikasi / mengatur user flow. Controller lah yang akan menentukan bussiness process dari aplikasi yang dibangun. Controller akan merespon setiap inputan dari user dengan melakukan pemanggilan terhadap model dan view yang sesuai sehingga request / permintaan dari user tersebugt dapat terpenuhi dengan baik. Biasanya layer controller juga digunakan untuk mengatur ijin akses dan permission.

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini... :D

Powered by  MyPagerank.Net

5 komentar:

infowatir mengatakan...

sae content na kang,,,, nuhunkeun ah kanggo proposal ...

prima mengatakan...

masih bingung nih tentang MVC . . belum dpt logika nya ..

Adly Viruz mengatakan...

Nuhun Pisan kang, tambah lagi kang artikelna :D

florist di kebumen mengatakan...

Jadi tambah pengetahuan , terimakasih

Vimax Original Pembesar Mr.P Herbal mengatakan...

artikelnya sangat membantu thanks for sharing
kunjungi web kami gan => www.vimaxkapsuloriginal.com

Posting Komentar


 

My Friends Google

My Profile

cojogja Blog ini saya buat, untuk berbagi informasi kepada teman - teman, dan sebagai rangkuman untuk diri saya sendiri. ( Semoga gak bosen Dengan Blog Saya... :D )