Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Web-Based Application ?

Judul Artikel ini adalah Ada Apa dengan Web-Based Application ? Jika lebih disederhanakan lagi, diartikan sebagai Ada Apa dengan Aplikasi berbasis web ? Lewat tulisan ini Saya ingin mencoba untuk memberikan sesuatu pemahaman baru bagi yang belum mengetahui tentang web based application ini. Baiklah untuk memulai bahasan ini akan Saya coba untuk berikan pengertian sederhana mengenai web based application.

Dimulai dari apakah itu (Program) Aplikasi ? Tidak perlu mendefinisikan dengan formal mengenai aplikasi, tapi saya yakin kebanyakan dari pembaca telah banyak menggunakan Program aplikasi. Contohnya adalah Program Aplikasi grafis, seperti MSPaint, Adobe Photoshop. Ada juga lagi Program Aplikasi perkantoran, seperti Microsoft Word, Excel.

Selanjutnya adalah apakah pengertian web-based ? Web based jika diartikan ke bahasa indonesia, “berbasis-web”, atau “berbasis internet”. Dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat diakses lewat web. Seperti layanan mail yahoo, wikimu juga dikatakan sebagai “sesuatu” (read:forum) yang berbasis web, yang dapat diakses lewat internet.

Nah sekarang dari dua penjelasan singkat di atas, Saya yakin kita sudah dapat mengerti apakah web-based application itu. Yah, sederhananya dapat diartikan sebagai berikut : Web based application adalah segala bentuk aplikasi (grafis, word processor, chatting, mail) yang dapat dijalankan hanya dengan satu syarat, yakni kita memiliki akses Internet. Jadi hanya dengan memiliki akses internet kita sudah dapat menggunakan aplikasi berbasis web tersebut.

Pertanyaan berikutnya adalah, apa sih sebenarnya contoh aplikasi berbasis internet itu ? Anda dapat melihat kepada Yahoo Web Mail, yakni suatu aplikasi pembaca mail yang berbasis web. Berikutnya ada aplikasi chatting berbasis web sebagai pengganti Yahoo Messenger yakni webmessenger.yahoo.com, atau meebo.com. kemudian ada aplikasi setara adobe photoshop maupun adobe premiere yang digunakan untuk mengedit audio video, maupun gambar static (gif, jpeg) secara on-line lewat internet, dinamakan aviary, aviary.com. Kemudian ada lagi game dari flash yang dijalankan secara on-line. Ada juga lagi aplikasi perkantoran berbasis internet yang dibuat oleh Google, Google spreadsheet, Google Word Processor, dan lainnya.

Nah, setelah anda mengetahui apa saja bentuk aplikasi berbasis web, lantas pasti kita akan menanyakan, apa pentingnya aplikasi berbasis web itu ? apa gunanya ? toh tanpa ada aplikasi berbasis web, kita masih memiliki alternatif lain yakni aplikasi berbasis desktop, seperti yang kita sering gunakan saat ini.

Keunggulan web based application dibanding desktop based application adalah, terkait dengan keunggulan-keunggulan dari Internet itu sendiri. Misalnya :
  1. Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapan pun tanpa harus melakukan penginstalan.

  2. Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based application, sebab lisensi itu telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi. (seperti misalnya saat menggunakan MS-Office versi Google).

  3. Ketersediaan. Mirip dengan poin satu. Bayangkan ketika kita disuruh untuk mengedit sebuah poto, namun kita tidak memiliki satu pun aplikasi pengedit poto yang tersedia di PC kita. Yah, tidak perlu bersusah payah untuk mencarinya, tinggal akses saja sebuah alamat di Internet, maka kita dapat mengedit poto tanpa harus memiliki aplikasi pengeditnya. Dan kembali, ini legal tidak melanggar hak cipta ketika misalnya kita memilih membeli CD Installer Photoshop di Glodok, yang memerlukan waktu juga untuk membelinya, menginstallnya, dan untuk kemudian membuat kita jadi penyandang gelar kriminal pelanggar hak cipta.

  4. Dapat dijalankan di sistem operasi mana pun.
    Tidak perduli apakah kita menggunakan Linux, Windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses internet. Bayangkan kembali suatu contoh kasus ketika kita disuruh untuk mengedit poto di sebuah komputer yang bersistem-operasi MacOS. Nah, membeli CD Installer Adobe Photoshop dari Glodok, untuk tidak dapat dijadikan solusi kali ini. Mengapa ? Karena sekalipun kita membeli CD Installer tersebut, toh tidak dapat diinstal di MacOS. Installer yang banyak keluar di pasaran saat ini adalah untuk Windows saja.

  5. Dapat diakses lewat banyak media seperti : komputer dan handphone yang sudah sesuai dengan standar WAP.

  6. Tidak perlu spesifikasi komputer yang tinggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.

Sebenarnya ada banyak lagi keunggulan web-based application yang diramalkan akan “booming” dalam waktu dekat ini. Namun hal yang esensial dari web based application ini saya rasa telah tercakup di poin2 yang telah saya sampaikan sebelumnya.

Namun layaknya sisi koin, selalu ada dua sisi, positif dan negatif, seperti itu juga lah yang selalu terjadi setiap kali ada teknologi baru diciptakan. Sisi negatif dari web based application ini adalah, kecepatan dari akses internet menjadi poin yang sangat kritis. Seperti di Indonesia, untuk saat ini, teknologi ini sangat susah untuk booming karena kecepatan akses internet di indonesia sendiri masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain, di eropa, malaysia,singapore, thailand, dlsb.

So, tulisan ini mungkin bisa jadi hanya berakhir sebagai tulisan karena memang untuk ukuran Indonesia, ini bisa dikatakan setengah mimpi :).

Demikianlah hasil pengamatan saya yang saya peroleh setelah selama 6 tahun setia menjadi pengguna Internet. Meski kalimatnya sederhana, saya harap tidak mengurangi maksud esensial dari web-based application itu sendiri. Dan tentunya Saya sangat senang untuk menerima masukan dan koreksi dari pembaca sehubungan dengan web based application ini.

Oh iya, satu hal lagi, saya ingin membagikan beberapa tools web-based yang sering saya gunakan.
  1. Untuk mendownload dan langsung mengkonversikan video2 dari youtube menjadi format avi, wmv, 3gp yang dapat anda temukan di URL : http://www.vixy.net
    Keunggulan dari tool ini adalah dapat membantu mendownload dan sekaligus mengkonversikan file video youtube ke format yang tersedia dalam waktu yang sangat cepat.

  2. Untuk mengkonversikan mata uang anda juga dapat gunakan google. Misal konversi Dollar ke rupiah, anda tinggal mengetikkan kata kunci “US Dollar to Rupiah”.

  3. Sebagai aplikasi pengganti Ensiklopedia Encarta, anda dapat menggunakan Wikipedia.

  4. Sebagai alternatif aplikasi kamus di web, dapat menggunakan tools : http://www.kamus.net, atau gunakan google juga untuk mencari definisi dari suatu kata dalam bahasa Inggris, dengan menambahkan kata define. misal kita ingin mencari arti kata “supercalifragilisticexpialidocius”, dapat dicari artinya di google dengan mengetikkan di search bar “define:supercalifragilisticexpialidocious”.

  5. Anda dapat menggunakan http://www.meebo.com sebagai pengganti ChattingAppliation seperti Yahoo Messenger.
Ada banyak lagi contoh-contoh aplikasi berbasis web, dan anda dapat mengeksplor sendiri, menemukan sendiri kekuatan dari aplikasi berbasis web ini. Sumber : ecko manulu.

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini... :D

Powered by  MyPagerank.Net

8 komentar:

Muhammad Fachruddin mengatakan...

izin bookmark ya.
makasih :)

zoel mengatakan...

Mungkin menambahkan saja ;-)..
webapps atau aplikasi berbasis web, mebutuhkan yang namanya browser sebagai penjembatan aplikasi dengan pengguna, server dan client ...dan browser hampir disemua OS sudah disiapkan selain itu serangan terhadap virus "relatif" kecil meskipun komputer klien terserang virus aplikasi masih bisa berjalan dengan baik dan ini berbeda dengan model desktop. Sangat cocok dengan server basis open OS karena dengan demikian akan menghemat biaya awal pembangunan sistem dan biaya perawatan..;-) "salam kenal dari saya"

jual karpet mengatakan...

NICE POST

Anonim mengatakan...

thanks ilmunya.

florist di semarang mengatakan...

terimakasih atas pengetahuannya.

hikmah puasa ramadhan mengatakan...

terimakasih infonya

jual-sepatufutsal mengatakan...

terimakasih untuk sharingnya mas.

foto gadis bugil mengatakan...

ikut nyimak gan hehe

Posting Komentar

 

My Friends Google

My Profile

cojogja Blog ini saya buat, untuk berbagi informasi kepada teman - teman, dan sebagai rangkuman untuk diri saya sendiri. ( Semoga gak bosen Dengan Blog Saya... :D )